Rabu, 14 Desember 2011

ukhuwah islamiyah

bismillahirrahmanirrahim

apa yang terlintas di pikiran anda ketika mendengar istilah "Ukhuwah Islamiyah"?

beberapa teman, ketika ditanya seperti itu, ada yang menjawab ukhuwah islamiyah adalah sebuah ikatan persaudaraan, ada yang menjawab silaturrahim sesama muslim, ada yang bilang persaudaraan yang berlandaskan iman

yah, itulah jawaban mereka.
sebenarnya apakah ukhuwah islamiyah itu? kalau menurut arti per kata, ukhuwah artinya persaudaraan, islamiyah artinya berhubungan dengan islam. berarti ukhuwah islamiyah adalah..... (jawab sendiri yah ^_^)
setelah mengetahui pengertiannya, ternyata ukhuwah islamiyah itu mempunyai beberapa tingkatan.
tingkatan itu adalah:

1. Ta'aruf (Saling Mengenal)
ini yang paling mendasari sebuah ikatan. kata pepatah, "tak kenal maka tak sayang", atau ada yang mengatakan "tak kenal maka ta'aruf". ^^
ada benarnya juga, jika kita belum saling mengenal dengan yang lain, apakah mungkin akan terjalin sebuah ikatan? contohnya, kita tentu akan merasa menjadi bagian dari sebuah kelompok apabila kita telah mengenal anggota kelompok itu.

2. Tafahum (Saling Memahami)
setelah mengenal, tentu lama-kelamaan kita akan memahami. misalnya kita akan paham kenapa teman kita terkesan "galak" setelah tahu bahwa ia ternyata seorang batak, kita juga tentu akan paham kenapa teman kita tidak suka makan udang setelah tahu bahwa ia punya alergi terhadap udang.

3. Ta'awun (Saling Menolong)
kita bisa melakukan pertolongan kepada seseorang setelah kita memahami apa yang dibutuhkan orang itu. begitu pula dalam sebuah persaudaraan. setelah memahami keadaan saudara kita, muncullah keinginan untuk menolong, dapat berupa do'a, nasihat, atau bantuan materi. sebagai makhluk sosial, tentu kita takkan bisa hidup di dunia ini tanpa bantuan orang lain kan?

4. Takaful (Saling Menanggung)
sebagai saudara, tentu kita memiliki kecenderungan untuk berbagi dalam kondisi apapun. saat senang, sedih, gembira, susah. ketika ada yang sedang bermasalah, kita tentu akan ikut menanggungnya dan bersama menyelesaikan masalah itu.

5. Itsar (Tidak Mementingkan Diri Sendiri)
ini adalah tingkatan tertinggi dalam ukhuwah. tingkatannya para sahabat.
contohnya seperti ketika dalam suatu perang, salah seorang sahabat sangat kehausan. ia hanya tinggal mempunyai 1 kali jatah air untuk minum. saat akan minum, ia mendengar sahabat lain yang kehausan. maka air tersebut ia berikan kepada sahabat yang kehausan itu. saat akan meminumnya, ia mendengar sahabat lain kehausan. lalu ia berikan air tersebut kepada sahabat itu. seterusnya sampai air tersebut kembali kepada si pemilik air pertama tadi. dan akhirnya semua syahid.

dalam sebuah hadits, disebutkan bahwa
"Tidak beriman seseorang diantaramu hingga kamu mencintainya seperti kamu mencintai dirimu sendiri" (HR. Bukhari-Muslim).

betapa indah ukhuwah islamiyah yang diajarkan Allah dan rasulNya. bila kita melakukannya, tentunya terasa lebih manis rasa iman di hati dan terasa indah hidup dalam kebersamaan.
mari kita mulai dari diri kita, keluarga, masyarakat dekat untuk menjalin persaudaraan islam ini.

(disampaikan oleh Ego Praniki pada hari selasa, 13 desember 2011 dengan beberapa perubahan)

semoga bermanfaat
jazakallah khair

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar