Kamis, 06 Oktober 2011

Cermin

bismillahirrahmanirrahim

konon jaman dahulu kala di sebuah desa terpencil di Jepang terdapat sebuah rumah. rumah ini ajaib. dindingnya terdiri dari seribu cermin.
suatu hari seorang anak kecil yang masih belajar jalan, masuk ke rumah itu tanpa sengaja. anak ini pemberani dan penuh antusias. di dalam rumah itu, ia mendadak melihat seribu anak kecil muncul di dinding. ia tersenyum, dan seribu anak kecil di dinding itu tersenyum kembali padanya. anak ini senang sekali. ia tertawa dan seribu anak kecil itu ikut tertawa bersamanya. anak kecil ini tidak tahu bahwa yang ia lihat adalah bayangannya di cermin.
ketika orang tua anak itu menggendongnya pulang, ia menengok ke rumah ajaib itu dengan senang. betapa menyenangkan rumah itu. seribu anak tersenyum dan tertawa bersamanya.
beberapa waktu kemudian, seorang anak kecil lainnya juga tidak sengaja masuk ke rumah ajaib itu.anak ini penakut. ketika ia masuk rumah, ia melihat seribu anak kecil. anak itu merengut dan seribu anak kecilpun merengut kepadanya. anak kecil itu mendelik dan seribu anak kecilpun ikut mendelik. anak kecil itupun menangis keras-keras.ia tidak tahu bahwa yang ia lihat adalah bayangannya di cermin.
ketika orang tua anak itu menggendongnya pulang, ia tak mau lagi melihat rumah itu. ia sangat takut dan trauma.

kita kadang lupa bahwa dunia itu seperti rumah ajaib tadi. wajah orang lain ibarat cermin. bila kita cemberut padanya, ia akan cemberut juga kepada kita. sebaliknya, bila kita tersenyum ceria pada dunia, maka ia akan tersenyum kepada kita dan menyambut kita dengan ceria.
(ditulis ulang dari folklore jepang)

semoga bermanfaat
jazakallah khair

Tidak ada komentar:

Posting Komentar