Selasa, 14 Februari 2012

Adab Bertanya

bismillahirrahmanirrahim

kuliah semester empat sudah dimulai.
menurut pengalaman, setelah mendapat kuliah, kadang kita belum terlalu paham dengan apa yang disampaikan. untuk itulah kita bertanya kepada ahlinya (dosen atau teman lain) agar bisa paham. tapi ternyata bertanya kepada ahlinya pun ada adabnya. apa saja itu?

1.Siapkan dulu yang akan ditanyakan.
sebelum bertanya, siapkan dulu benar-benar apa yang akan ditanyakan. tujuannya agar ketika bertanya nanti, sang ahli yang ditanyai paham dengan masalahnya. dan juga agar tidak bolak-balik bertanya, sehingga lebih efisien.

2.Perhatikan waktu "sang ahli"
tentunya setiap orang mempunyai kesibukan sendiri-sendiri, termasuk juga orang yang akan kita tanyai. jadi sebelum menanyakan masalah, cek dulu, apakah orang yang akan kita tanya sedang sibuk atau tidak? alangkah baiknya jangan menanyakan suatu masalah kepada seseorang ketika orang itu sendiri sedang menghadapi masalah juga.

3.Jangan bertanya hal yang sudah diketahui.
ini tentu sangat menjengkelkan bagi orang yang ditanyai. jika sudah tahu, kenapa bertanya? bedakan ketika anda ingin bertanya dan berdiskusi. selain itu, jika kita bertanya tentang hal yang sudah kita ketahui, tentu itu akan menyita waktu orang yang kita tanyai.

4.Cukup bertanya kepada satu orang.
agar lebih efisien, kita cukup bertanya kepada satu orang yang kita yakin dia ahli di bidangnya. dan ketika kita sudah mendapat jawaban, lebih baik tidak usah menanyakan hal yang sama kepada yang lain, karena itu hanya akan membuat bingung.

5.Jangan berputar-putar.
bukan ketika bertanya, terus tiba-tiba joget muter-muter. maksudnya, ketika bertanya, langung saja ke inti permasalahannya. pembicaraannya jangan dibawa kemana-mana. itu bisa membuat bingung orang yang ditanyai, dan akibatnya orang yang kita tanyai pun susah mencari pemecahan masalahnya, dan itu pun akhirnya menjadi masalah baru bagi kita.

6.Jangan diwakilkan.
kita tentu lebih paham apa masalah yang kita hadapi. jika kita minta tolong kepada orang lain untuk menanyakan tentang masalah kita, belum tentu orang yang kita mintai tolong itu paham dengan masalah kita, dan akibatnya jawaban yang nanti akan kita dapat pun tidak sesuai dengan yang kita harapkan.

7.Jangan buru-buru minta segera dijawab.

adab ini berlaku untuk setiap kali kita bertanya tentang apapun kepada ahlinya, tidak hanya tentang kuliah.

(sumber: http://muslim.or.id/nasehat-ulama/adab-bertanya-kepada-ahli-ilmu.html dengan beberapa perubahan)

semoga bermanfaat
jazakallah khair

Tidak ada komentar:

Posting Komentar